Cara agar URL/Permalink Laman Statis Blogger Sesuai Judulnya

laman statis blogger

Saat ingin menulis di blog yang berplatform blogger kita bisa melakukannya di postingan/post dan laman/page. Bedanya jika kita menulis di postingan maka tulisan yang kita buat akan muncul di beranda blog yang menampilkan post-post terbaru sedangkan jika kita membuatnya di laman statis maka tulisan itu tidak akan muncul di blog kecuali kita memunculkannya secara manual, caranya bisa dengan menambahkan widget laman/page di tata letak atau menambahkan menu navigasi lewat edit HTML.

Perbedaan lainnya antara postingan dan laman adalah kalau kita mempublikasikan tulisan di postingan maka struktur permalink/URLnya seperti ini: subdomain.blogspot.com/tahun/bulan/judul-artikel.html atau jika menggunakan top level domain maka struktur permalinknya seperti ini: www.domain.com/tahun/bulan/judul-artikel.html .bagian  /tahun/bulan/ akan muncul secara otomatis dan tidak bisa dihapus sedangkan judul-artikel.html masih bisa dicustom sesuai keinginan tetapi akhiran html-nya tidak bisa dihilangkan.
Sedangkan jika kita mempublikasikan tulisan melalui laman statis maka struktur permalinknya biasanya seperti ini subdomain.blogspot.com/p/blog-page.html . lalu bisakah kita mengcustom blog-page agar sesuai keinginan? Tidak, kita tidak bisa bisa mengcustom URL laman statis ini. subdomain.blogspot.com/p/blog-page.html akan terbentuk secara otomatis dan laman-laman yang kita buat setelahnya juga sama seperti itu dengan tambahan angka setelah blog-page . namun kita masih bisa membuat agar permalink laman sesuai judulnya. Lalu bagaimana caranya?

Cara agar URL/Permalink Laman Statis Blogger agar Sesuai Judulnya

  • Ketikkan judul laman bisa di notepad, sticky note atau yang lainnya. Misalnya ketikkan: about us
  • Copy judul lamantersebut
  • Buka dashboard blogger
  • Klik laman/page
  • Klik laman baru
  • Begitu muncul page editor, segeralah pastekan judul laman yang kita copy tadi ke dalam kolom judul.
  • Kalau perlu kita publikasikan langsung meskipun body laman masih kosong untuk memastikan url-nya sudah terbentuk sesuai judul atau belum. Jika berhasil maka struktur permalinknya seperti ini subdomain.blogspot.com/p/about-us.html atau kalau menggunakan tld menjadi www.domain.com/p/about-us.html
  • Setelah itu kita bisa mengedit laman tadi untuk mengetikkan content lamannya
  • Perlu di ketahui /p/ dan .html akan selalu terbetuk otomatis dan tidak bisa dihilangkan.
  • Setelah permalink laman terbentuk maka tidak bisa diubah lagi.
Dengan mengatur permalink laman menjadi sesuai judulnya maka laman tersebut menjadi lebih seo. Begitu pula url postingan kita bisa mengaturnya agar lebih seo. Namun jika menggunakan platform blogger permalink postingan akan selalu mengandung /tahun/bulan/ dan berakhiran .html lain halnya dengan wordpress yang lebih banyak pilihan untuk mengcustom permalink dan untuk lebih seo kita bisa mengaturnya menjadi namadomain.com/judul-artikel .

Laman statis biasanya digunakan untuk membuat halaman disclaimer, privacy policy, tos, about dan sitemap sedangkan postingan digunakan untuk membuat artikel.

Demikianlah yang bisa saya jelaskan mengenai “Cara agar URL/Permalink Laman Statis Blogger Sesuai Judulnya”. Semoga bahasa saya yang amburadul ini bisa dipahami.
Cara agar URL/Permalink Laman Statis Blogger Sesuai Judulnya Reviewed by Administrator on August 05, 2017 Rating: 5

1 comment:

  1. mas, kenapa di blogspot harus pake tahun dan bulan di permalink nya ya, beda kaya wordpress yang bisa langsung dari domain ke judul postingan.

    mampir juga di tempat aku ya drakorku-id.com

    ReplyDelete

All Rights Reserved by Pustaka Blogger © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.