Beberapa Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Ada banyak alasan orang membuat blog. Ada yang untuk menyalurkan hobi menulis, ada yang sekedar untuk menyelesaikan tugas sekolah, ada yang sekedar untuk punya saja, ada yang untuk menyebarkan kebaikan, dan adapula yang untuk bisnis. Apapun alasannya selama itu baik dan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain ya tidak ada yang salah.

Jika kita sudah punya blog dan blog kita ramai pengunjung, kita bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan uang dari blog, berikut di antaranya:

1.    Menjadi publisher Ads Network

Yang pertama adalah menjadi penerbit jaringan iklan. Ada banyak platform iklan di internet yang bisa kita gunakan untuk memonetisasi blog salah satunya yaitu google adsense. Caranya kita mendaftar ke ads network tersebut, apabila sudah diterima kita bisa memasang iklannya di blog. Kita akan mendapatkan uang tergantung pada basis apa yang digunakan oleh ads network tersebut. Ada yang berbasis cpc, cpm, cpi, atau cpa. cpc artinya kita akan menghasilkan uang apabila pengunjung blog mengeklik iklan yang kita pasang. Cpm artinya penghasilan yang kita peroleh dihitung perseribu tayangan iklan semakin banyak pengunjung semakin besar pula penghasilan yang akan kita dapatkan meskipun iklan tersebut tidak diklik. Cpi (cost per instal) artinya kita akan mendapatkan penghasilan apabila pengunjung blog menginstall aplikasi melalui link dari iklan yang kita pasang. Cpa artinya kita akan mendapatkan komisi apabila pengunjung blog melakukan tindakan tertentu seperti registrasi yang dilakukan melalui link iklan yang kita pasang. Untuk google adsense basisnya adalah cpc meskipun ada juga cpm-nya tetapi cpm dari adsense sangat kecil nilainya. Jika belum diterima google adsense, kita bisa menggunakan ads network yang lain. Namun hati-hati dalam memilih ads network, pastikan ads network tersebut memiliki kredibilitas dan terbukti membayar.

2.    Memasang iklan mandiri

Maksudnya kita memasang iklan dari sang pengiklan langsung tanpa perantara ads network. Bayarannya sesuai kesepakatan antara pemilik blog dan pengiklan.

3.    Jualan produk sendiri

Jika kita mempunyai produk untuk dijual kita bisa mempromosikannya di blog. Atau kalau kita punya usaha jualan kita bisa membuat blog toko online. Dengan begitu jaringan pemasaran kita menjadi semakin luas.

4.    Dropship

Jika kita ingin membuat blog toko online tetapi kita sendiri tidak punya produk untuk dijual, kita bisa menjual produk orang lain. Cara kerjanya kita menjual produk orang lain dengan harga sedikit lebih mahal. Orang akan membayar lewat kita dengan harga yang kita tentukan lalu kita membayarkannya lagi ke penyedia barang dengan harga yang mereka tentukan. Kita tidak perlu melakukan packing maupun pengiriman karena itu semua yang melakukan adalah pihak penyedia barang.

5.    Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi yaitu kita menawarkan atau mempromosikan produk orang lain, apabila ada orang yang membeli produk tersebut melalui link kita maka kita akan memperoleh komisi. Ada beberapa toko online yang menawarkan kerjasama afiliasi kepada pemilik blog contohnya yaitu lazada dan berrybenka.

6.    Menjual blog

Hehe, yang ini sudah jelas ya. Blog yang susah-susah kita bangun, kita jual saja biar bisa menghasilkan uang.

Itulah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan uang dari blog. Tentunya dengan syarat blog kita harus banyak pengunjung. Untuk mendapatkan banyak pengunjung tentu kita harus berusaha ekstra keras mengurus blog.
Beberapa Cara Menghasilkan Uang dari Blog Reviewed by Administrator on July 09, 2017 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Pustaka Blogger © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.