Cara Yang Benar Mendaftar Google Adsense

Google adsense adalah program periklanan online dari google yang memberikan kesempatan bagi pemilik blog dan website untuk menayangkan iklan di website atau blognya. Untuk menjadi publisher adsense tentu saja kamu harus punya blog yang sudah memenuhi syarat untuk mendaftar adsense. Sudah banyak artikel yang membahas cara mendaftar google adsense, tetapi masih saja dijumpai orang-orang yang kebingungan dalam proses mendaftarnya. Untuk itu saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara mendaftar google adsense yang benar sejauh yang saya tahu.
Google Adsense
via gtricks.com

Sebelumnya perlu diketahui bahwa akun google adsense ada dua jenis yaitu hosted dan non hosted. Akun hosted hanya bisa digunakan untuk menayangkan iklan di platform mitra google adsense seperti Blogger dan Youtube. Sedangkan akun non hosted bisa digunakan untuk menayangkan iklan di platform mana saja baik mitra google atau bukan. Kamu harus tahu jenis akun mana yang akan kamu buat, non hosted atau hosted. Untuk mendaftar akun non hosted kamu harus mempunyai blog yang menggunakan TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net atau yang lainnya. Jika blog kamu masih menggunakan domain blogspot maka kamu tidak bisa mendaftar akun non hosted. Setelah tahu jenis akun mana yang akan kamu buat, ikuti langkah-langkah mendaftar tergantung masing-masing  akun di bawah ini.

Cara Mendaftar Akun Google Adsense Hosted

Di sini saya hanya akan membahas  mendaftar adsense hosted melalui blogger bukan youtube atau yang lain. Jika kamu ingin mendaftar adsense tetapi kamu masih menggunakan domain blogspot maka kamu bisa mengikuti cara ini.
  1. Login ke akun google kamu
  2. Buka Dashboard Blogger
  3. Pilih Setelan
  4. Pilih Bahasa dan Pemformatan
  5. Atur bahasa blog kamu menjadi bahasa Inggris (Ini adalah pengaturan bahasa blog kamu bukan bahasa dashboard blogger kamu).
  6. Setelah bahasanya diganti bahasa Inggris, klik simpan setelan.
  7. Refresh laman maka akan muncul menu baru yaitu menu penghasilan.
  8. Klik menu penghasilan
  9. Di situ akan ada informasi apakah blog kamu sudah memenuhi syarat untuk mendaftar adsense atau belum. Jika belum memenuhi syarat maka kamu belum bisa mendaftar adsense. Sebaiknya kamu fokus dulu membuat artikel sama memperbaiki blog.
  10. Jika blog kamu sudah layak mendaftar adsense maka akan ada tombol pendaftaran pada menu penghasilan.
  11. Mendaftarlah melalui tombol itu. Kamu akan bawa ke halaman pendaftaran google adsense. Ikuti saja instruksinya, isi data dengan benar.
  12. Setelah selesai maka blog kamu akan direview, kamu tinggal menunggu email dari adsense noreply, apakah blog kamu diterima atau ditolak. Biasanya masa review akun adsense hosted ini memakan waktu satu hari.
Itulah cara mendaftar akun adsense hosted yang benar. Ini juga berlaku untuk platform mitra adsense yang lain seperti youtube yaitu mendaftar melalui tombol pendaftarn adsense di youtube. Selain blogger dan youtube ada juga platform lain untuk mendaftar adsense hosted yaitu weebly, weebly adalah platform blog gratisan seperti blogger. Namun saya menyarankan pakai Blogger saja, karena jika pakai weebly maka penghasilan adsense kamu dari blog gratisan weebly harus dibagi keuntungannya untuk kamu dan pihak weebly.

Cara mendaftar akun adsense non hosted

Jika kamu mempunyai blog atau website TLD baik itu menggunakan Blogger atau bukan maka kamu bisa mendaftar akun adsense non hosted melalui cara berikut.
  1. Kunjungi halaman google adsense https://www.google.com/adsense
  2. Sign Up
  3. Ikuti saja instruksinya step by step, isi form dengan data yang benar.
  4. Setelah selesai maka blog kamu akan direview 2 kali.
  5. Tunggu selama satu hari karena biasanya review pertama memakan waktu satu hari. Setelah itu cek email kamu apakah blog kamu lolos review tahap pertama atau tidak. Kamu akan mendapat email penolakan jika blog kamu tidak lolos. Jika blog kamu lolos maka bisa mendapat email pemberitahuan atau tidak mendapatkan email sama sekali. Jadi kamu langsung login saja ke akun adsense kamu.
  6. Login akun adsense kamu, jika kamu bisa mmbuka dashboard adsense kamu itu artinya blog kamu lolos review tahap pertama.
  7. Buatlah unit iklan dan pasanglah di blog kamu. Iklan masih belum bisa tayang atau Cuma blank putih. Atau kadang-kadang iklan tayang di blog kamu. Ingat kamu harus memasang kode iklan di blog kamu.
  8. Tunggulah masa review kedua hingga kamu mendapatkan email pemberitahuan diterima atau ditolak. Masa review kedua ini bervariasi, ada yang Cuma beberapa hari, ada yang dua minggu dan ada yang satu bulan.
Itulah cara mendaftar google adsense non hosted. Tidak harus menunggu enam bulan untuk bisa mendaftar google adsense. Meskipun blog kamu masih baru kamu tetap bisa mendaftar adsense. Namun tetap harus diperhatikan kualitas blog kamu. Untuk mendaftar adsense hosted pun tidak harus menunggu enam bulan, tetapi tetap harus menunggu tombol pendaftaran muncul di menu penghasilan.
Cara Yang Benar Mendaftar Google Adsense Reviewed by Administrator on July 19, 2017 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Pustaka Blogger © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.